Kamis, 10 Oktober 2013

Azaz dan tujuan TQN


ILAAHII ANTA MAQSHUUDII WARIDHOKA MATHLUUBI A'THINII MAHABBATAKA WA MA'RIFATAKA
Artinya: Yaa Tuhanku !   hanya Engkaulah yang ku maksud,dan keridhoanMu-lah yang kucari. Berilah aku kemampuan untuk bisa mencintaiMu dan ma'rifat kepadaMu...

Do'a yang tersebut di atas oleh para ikhwan Thoreqat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah setiap habis sembahyang wajib (sholat fardhu) dibaca dua kali.
Dalam do'a tersebut mengandung 3 bagian :

1. TAQARUB TERHADAP ALLAH S.W.T. : 
Ialah mendekatkan diri kepada Allah dalam jalan ubudiyah yang mana dalam hal ini dapat dikatakan tak ada sesuatunya pun yang menjadi tirai penghalang antara Abid  dan Ma'bud , antara Khaliq dan Makhluq.

2. MENUJU JALAN MARDHOTILLAH :  
Ialah menuju jalan yang diridhoi Allah S.W.T. baik dalam ubudiyah maupun di luar ubudiyah, alhasil dalam segala gerak-gerik manusia diharuskan mengikuti/mentaati perintah-perintah Tuhan dan menjauhi/meninggalkan larangan-larangan-Nya. Hasil daripada itu di antaranya, budi pekerti menjadi baik, akhlaknya pun berhubungan dengan Tuhan maupun yang berhubungan dengan antara manusia/dengan makhluk Allah dan InsyaAllah tidak akan lepas dari keridhaan Allah S.W.T.

3. KEMAHABBAHAN DAN KEMA'RIFATAN TERHADAP ALLAH S.W.T.  artinya:  
Rasa cinta dengan terang  ma'rifat terhadap Allah "DZAT LAISA KAMITSLIHI SYAEUN", yang mana dalam Mahabbah itu mengandung keteguhan jiwa dan kejujuran hati. Kalau telah tumbuh mahabbah, timbullah rupa-rupa hikmah diantaranya membiasakan diri dengan selurus-lurusnya dalam hak zhohir batin, pula bisa mewujudkan "keadilan" yakni dapat menetapkan sesuatu dalam Haknya dengan sebenar-benarnya. Pancaran dari Mahabbah datang pula belas kasihan  ke sesama makhluk di antaranya Cinta pada Nusa ke segala bangsa beserta Agamanya. 

Thorekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah ini ialah salah satu jalan buat membukakan diri agar supaya tercapai arah tujuan yang tersebut di atas tadi.
                                                                                                                                                      SURYALAYA, 10  NOPEMBER  1960
                                                                                                                                                                                     Ttd.
                                                                                                                                                         (K.H.A.Shohibul Wafa Tajul 'Arifn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar